Minggu, 28 November 2010

Ada apa dengan sufor?

Sebelumnya mau ngomong dulu, postingan ini bukan berarti saya mendukung pemberian sufor ya...

Sebenernya ini cuma tentang kebingungan (baca:ketidaktahuan) gue pribadi tentang sufor. Barusan ada temen yang nanya ke gue, emang ada apa dengan sufor? Kok barusan baca status orang, kayanya sufor jahat banget?

Dan dengan bloonnya gue cuma jawab, hmm, knapa ya??? Yang gue tau cuma sufor itu ga baik buat bayi (kaya yang dibilang organisasi2 tentang ASI itu). Tapi tentang alasan pastinya gue juga ga ngerti. Lalu, senjatata andalan keluar, tanya om google. Dapet artikel disini.

Kalo mau jujur sih, setelah baca disitu, gue mau bilang, gue waktu bayi minum sufor, tapi ga bodoh juga, ga asma, ga alergi, dsb... bukan berarti gue ngedukung pemberian sufor ya.. toh gue juga ibu menyusui kok, ya pasti gue dukung ASI donk..

Abis baca artikel tadi gue jadi tertarik buka2 webnya, baca yang ini dan ini. Tapi kok lagi2 gue belum bisa nemuin jawaban atas pertanyaan temen gue tadi ya? Malah dia ngasih pertanyaan yang makin susah, trus kalo emang ibunya ga bisa ngasih ASI, misal meninggal atau ASI emang bener2 ga keluar padahal segala cara udah diupayakan, anaknya minum apa?

Ibuibu.. adakah yang bisa bantu saya?

Terus 1 pertanyaan lagi, kenapa ibu2 milih ngasih UHT ketimbang sufor setelah anaknya 1 tahun? Bukannya sama2 susu sapi juga ya?

Need help... Makasih sebelumnya buat ibu-ibu yang udah sharing...

15 komentar:

Jeni- Family, and Friends mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kiky mengatakan...

hehe, beraaat :P

Entahlah, apa emang sufor seberbahaya itu, ndah. Pas kecil juga aku campur ASI sama sufor, dan ya betul kata kamu, kayaknya aku g 'bobrok-bobrok' amat :P

Yang perlu diinget, setiap ibu sayang sama anaknya dan akan berusaha ngasih yang terbaik. Nah, yang tau yang terbaik ato gak kan ibunya sendiri.

Klo aku mah fleksibel, akan berusaha ngasih ASI semampu aku dengan segala usaha. Tapi klo emang nanti udah g bisa memenuhi kebutuhan Akhtar, masa' iya aku biarin anakku kelaperan? :)

Semangat ya kitaaa :D
*lebih semangat lagi klo udah ada lactation room :P

Jeni- Family, and Friends mengatakan...

bingung jg nih mo komen apa. Hmmm kalo aku pd intinya asal jgn mendewakan sufor aja. sjk baby aku minum sufor jg, fine2 aja dan berprestasi trus. Ntar kalo aku py baby kyknya minum sufor jg coz pabrik ASIku sptnya ga bakal mampu ngasi ASI trus2an (krn 1 hal )

the arrazaq's mengatakan...

Setuju sama kiky, sebenernya sih setiap ibu mau ngasih yang terbaik buat anak yah, tapi ada beberpa ibu yg emang ga bisa ngasih asi dan milih ngasih sufor karena takut anaknya kelaperan yah kita hargain aja. Kecuali kalo sebenernya bisa ngasih asi eh si ibu malah ga mau ngasih asi.

Ehhmm, aku pribadi seh, selama masih bisa ngasih asi akan berusaha terus. Semoga bisa sampe 2 tahun. Aamein.

yoooookkk, semangattttt pumping *hosh..hosh..* :DD

endahhh mengatakan...

iya donk,pastinya smua ibu mau yg terbaik buat anaknya,kita juga..
cuma yg jd pertanyaan ya tadi itu,seandainya ibunya bener2 ga bisa,anaknya dikasih apa donk kalo organisasi2 itu bilang sufor itu jahat dan dilarang?

ecy noverto mengatakan...

ikutan komen ah..
menurut aku sufor gak sejahat yg digembar gemborkan koq. aku hasil anak sufor..alhmdl sejauh ini aku baik2 aja. memang makanan terbaik buat bayi adalah ASI..sehat, gampang, dan murah.

tapi klo emg ga bs kasi asi ya mau ga mau dkasi sufor..atau silahkan jg klo yg mau berniat ngambil donor asi, yg penting kebutuhan bayinya tercukupi.


nah klo bedanya sufor sama UHT..uht lbh bagus gizinya..krn untuk mengubah dr susu sapi segar ke UHT lbh sdikit proses kimianya, drpd merubah susu sapi segar menjadi susu bubuk (sufor). ini ada link tnt si susu http://lita.inirumahku.com/health/lita/secuil-tentang-produk-susu-sapi/
semoga membantu ya ndah.

buat ibu2 yg lain mohon koreksinya ya klo saya salah.

istrinyabayu mengatakan...

Mungkin cari donor Susu ndah. Tapi, siapa yg bisa verifikasi dan jamin kesehatan dr si ibu susu? Siapa yg bs pastikan kalo si ibu susu bebas penyakit menular seperti hepatitis ato HIV misalnya?

Anandhita mengatakan...

sufor ga jahat, kok. apalagi klo sampe dibilang bisa bikin punah manusia. kan tujuan sufor diciptakan bukannya untuk membantu?

maksudnya membantu, misalnya semua ibu asi nya melimpah ruah, ga ada pasang surut, aku rasa ga akan ada sufor. justru krn ada ibu2 yg kurang beruntung, yang asi nya kurang mencukupi, dll, dll, dibutuhkanlah sufor. lah, klo bayinya masih 3 bulan trus kelaparan, apa lebih baik dikasih makan drpd sufor? atau dikasih UHT?

IMO ya, itulah fungsi sufor. wondering klo sampe dilarang, temen aku yg ga bisa nyusuin anaknya krn payudaranya udh diangkat, anaknya bakalan dikasih apa ya?

shinda mengatakan...

gatel pgn ikut komen ah.. sy jg sama bingunganya sm bunda, dan makin sedih ternyata saya ngk seberuntung ibu lain yg bisa sukses ASIX, segala usaha udh sy coba, sy pun ikut brgbng jd anggota tsb, tpi sedihnya sy tdk mndpt apa yg mrk janjikan, perhatian n bantuan utk bs ASIX, sy dpt hny saat ikut kelasnya. Pertanyaan teman bunda, sy tny langsung ke general secretarynya.. selain sufor ap yg sy hrs kasih utk bayi saya.. dia hny jawab terus menyusui. So dia pun sptnya tdk tahu ap yg hrs diberikan selain sufor. Sufor tdk sejahat yg diberitakan, bnyk yg minum sufor tp ttp sehat kan, menurut saya yg terpenting itu kasih sayang yg berlimpah utk anak dan selalu berusaha memberikan yg terbaik untuknya. Bun sy link ya... ^_^

endahhh mengatakan...

Nah itulah yang ada di pikiranku juga, kalo sufor bener2 dilarang, solusi dari mereka apa?

Makasih ibuibu atas sharingnya... mmmuach..muach...

otty mengatakan...

Hai nambahin komentar ya...

Sebetulnya sih yang sering jadi perdebatan itu bukan sufornya, tapi kampanyenya. Apalagi banyak dokter/RSB yang ga memberikan penjelasan dengan detil tentang ASI dan malah mempromosikan sufor. Kalo memang ibunya ga bisa memberikan ASI, ya gpp minum sufor, masa anaknya mo dibiarkan kelaparan. IMO yang namanya buatan Tuhan lebih bagus daripada buatan manusia, ya kan? Gue sendiri ga anti sufor kok, anak gue bisa minum ASI aja sampe umur 8.5 bulan dan selanjutnya dicampur sufor sampai umur 11.5 bulan. Setelah itu lanjut UHT/pasteurisasi.

Kalo tentang pemberian UHT/pasteurisasi bagi anak di atas 12 bulan, itu karena sebetulnya yang dibutuhkan dari susu adalah kalsiumnya, bukan berbagai zat tambahan yang ada di susu pertumbuhan. Vitamin & mineral seharusnya didapat dari makanan, makanya susu UHT/pasteurisasi aja cukup sementara anak harus makan makanan yang bergizi. HTH ya.

endahhh mengatakan...

Iya donk pastinya ASI is the best.. makasih atas sharingnya mba..

ndutyke mengatakan...

belom punya anak sih aku. masih ngusahakan supaya bisa hamil :D

tp aku sangat mendukung ASIx. meski begitu, aku udah punya bayangan juga lah, bahwa jadi orang tua tuh ya kudu fleksibel. kalo ntar udah usahaaaaa banget tp ASI gak keluar/gak cukup buat baby, ya campur sufor pun tak apa :)

darina danil mengatakan...

Halo mak, lg blogwalking dan sampai kesini :)

mau ikutan sharing pertanyaan yang terakhir soal UHT n Sufor. Kalo menurut yg aku baca semakin sedikit proses yang dilewati oleh susu sapi akan semakin terjaga gizinya. Karena itu susu perah dari sapi kan bentuknya cair, kalo UHT tetep cair dan disterilkan dgn Ultra Heat jadi gizinya lebih terjaga dibanding sufor yang melewati byk proses hingga akhirnya menjadi susu bubuk.

Kadar kalsium UHT lebih tinggi dan lebih rendah lemak.

Hanya saja klo di kasus anak gue, dia gak suka UHT. udah coba in macem2 rasa gak suka juga, eh pas coba satu merk sufor dia suka. jadi 2 bulan pertama aku pake sufor. Klo pertimbanganku sih, toh stlh 1 tahun kebutuhan susu itu cuma 200ml (walo kenyataannya minum sampe 400ml sih, hehe). Lainnya gizi harus didapat dari makanan.

Tp alhamdulillah skrg udah bisa full UHT, dia tyt suka susu mimi vanilla. Tapi perlu dicermati juga utk konsumsi UHT ini gak bisa terlalu byk, kalo gak salah maksimal 400ml deh.. krn kadar kalsium yang tinggi jadi kdg anak suka mencret. JD kembali lagi ke brp byk anak mengkonsumsi susu..

Maaf ya ko kepanjangan..
salam kenal buat Delisha dari Zahra :)

endahhh mengatakan...

waahhh, ada mama ZK... senangnya.. slama ini cuma jd silent reader blognya ja ngintipin si cantik zahra.
Makasih ya mom sharingnya..