Kamis, 28 November 2013

Cerita Kelahiran Dey

Another postingan yang kelamaan nongkrong di draft, bocahnya udah 2 bulan padahal. Gapapa ya Dey, suatu saat Dey udah bisa baca postingan ini, Dey akan tau betapa proses kelahirannya adalah proses yang menyenangkan untuk Ayah, Bunda dan Kakak.

25 September 2013
Kontrol terakhir ke dr.Kartika di UK 39w4d. Semua masih ok, hasil CTG ok, masalahnya cuma BBJ yg udah 3600gr menurut USG. dr.Kartika cuma nyaranin induksi alami sama suami. Nahh, masalahnya ga ada lawannya. Hahaha.. Akhirnya disaranin jalan kaki.

26 September 2013
Melaksanakan anjuran  budokter, pagi-pagi jalan kaki cari sarapan. Haha, teteup cari makan judulnya, padahal disuruh diet. Niatnya pengen pecel madiun depan BTN kira-kira 2km dari rumah. Lumayan kan tuh, keringetan. Ternyata tutup! Jalan ke depan lg cari ketupat padang, tutup juga! Akhirnya lanjut sampe pasar Ciputat. Belanja sayur, ikan, cumi, daging. Abis itu pulang, jalan lg donk! Sorenya, bangun tidur keluar lendir coklat. Yaaay! Langsung whatsapp mba Erie. Malemnya ayah pulang, berharap kontraksi dateng, tp ternyata belum. Yasud bobo nyenyak aja...

27-28 September 2013
Nganter kakak sekolah, pacaran sarapan berdua ayah, balik ke sekolah. Kok kayanya agak mules ya, coba ngitungin. Ternyata ga teratur, oke,  masih kontraksi palsu nampaknya. Siangnya masak cumi saus telur asin sambil nunggu ayah jumatan. Sore kita dirumah aja, cuma ke komplek sebelah ambil laundry karpet sama napak bumi bentar di lapangannya. Agak mules, tapi masih ilang-ilangan. Malemnya baru ke pasar kaget deket rumah. Nah, mulesnya dateng lagi, lebih kuat dr yg tadi. Whatsapp-an lg sm Mba Erie, beliau lg homebirth di Ciputat rupanya. Pokoknya kalo udh 10 menit sekali selama 3 jam dateng aja ke klinik katanya.

Nungguin kakak naik odong2 sambil ngitungin kontraksi. Kadang 10 menit, 15 menit, 7 menit. Bilang ke ayaah kayanya blom juga deh, ga teratur waktunya. Tapi kata ayah kayanya udah deh. Kenapa? Soalnya kadang udh ga nyambung kalo diajak ngomong. Hahaha.. Abis dr pasar kaget makan  bakso dulu sebelum pulang.

Sampe  rumah goyang inul di atas gym ball dulu, biar kepala dey makin turun, cepet masuk panggul. Nanya mba erie lg baiknya malem ini atau besok kesananya. Katanya gimana nyamannya aja, kalo mau ke klinik jg gpp, biar sekalian diobservasi. Akhirnya diputusin besok pagi aja. Goyang inul lagi, sambil terus ngulang afirmasi positif dan membayangkan mawar merekah. Si ayah yg tadi di pasar kaget beli kue cubit iseng bikinin ini.

hihihi, anggep aja mix platter yg di pancake house ya...

Sambil makan kok kepikiran, kalo tiba2 tengah malem makin intens trus bangunin ayah sama kakak yang udah pules pasti susah, kasian juga. Akhirnya minta malem itu juga kesana. Konfirmasi ke mba Erie sama mba Ririn kalo kita mau kesana. Ayah siapin mobil, gue siapin diri sm gantiin baju kakak. Sebenernya takut juga sih jangan2 udh sampe sana ternyata blom waktunya, jadi udah siap mental kalo harus pulang lagi karna masih lama.

Jam 11 malem kita jalan, mampir beli amunisi di alf*mart, mampir pom bensin, ATM. Alhamdulillah jalanan lancar jaya, jam 12 kita sampe klinik. Disana ketemu mba Ririn, diobservasi dulu, tensi, detak jantung janin, sama kontraksinya. Ditanya mau VT sekarang atau ntar aja, kata ayah coba aja biar ga penasaran, kita nunggu atau pulang aja. Ternyata pas diVT bukaan 3 tapi kepala dey masih di hodge 1. Alhamdulillah, berarti emang udah deket. Tapi tetep ga mau kepedean karna pas si kakak dari bukaan 3 ke lengkap lebih dari 13 jam. Akhirnya kita disuruh tidur dulu, dan gue disuruh miring kiri. Pas nyoba miring kiri, kaya pas dulu lahiran kakak, rasanya mulesnya ga berhenti2 jadi gue susah atur napas, ditambah mual banget. Sempet muntah heboh juga sampe teh yang dibikinin mba ririn juga dimuntahin lagi. Jadi gue duduk aja sambil pegangin baskom terus fokus ke napas panjang. Bukankah gentle birth itu mengikuti gimana insting kita senatural mungkin, ya kan? Jadi gue ikut senyamannya aja biarpun konsekwensinya jadi makin lama prosesnya.

Jam 3 bangunin ayah, minta temenin. Padahal sebenernya ga tega, tp gimana lagi kan istrinya butuh dukungan. Ya kan, kan, kan? Sebelum subuh panggil mba ririn, di observasi lagi. Cari detak jantung dey susaaah bgt. Akhirnya di VT lagi bukaan 6. Disuruh miring kiri lg biar makin cepet, yg tentu aja gue tolak lg. Akhirnya mba ririn pasrah sama kebandelan gue, dia siapin kolam dan mulai masak air. Abis itu sholat subuh berjamaah sama ayah. Kontraksi udah makin kuat, tapi blom ada sensasi mau pup karna kepala dey masih tinggi.

Sedikit drama pas kakak bangun, gue lagi sibuk atur napas yang mulai keteteran, trus dia minta pangku bundanya pake acara nangis segala. Gue yang udah mulai lemes karna muntah terus, suami ngantuk yg maksa miring kiri mulu, dan bocah 3 tahun  yg cranky bangun tidur. Si ayah sampe bilang, ayo donk, mana semangat gentle birth nya? Dan gue pun terprovokasi, langsung brdiri ajak kakak ke depan liat kolam yg udah siap, dengan maksud bikin kakak tenang dan gue jadi termotivasi lagi. Si kakak jadi sumringah, nungguin di ruang bersalin sampe ketiduran lagi. Hihihi... Gue jg sempet jalan bolakbalik depan belakang beberapa kali. Abis itu disuruh makan, yang mana bau bawang goreng di nasi uduknya malah bikin muntah lagi.

Sekitar jam 6-an mba Erie dateng, lalu jam setengah 7 diperiksa, bukaan 7. Abis VT ketuban pecah spontan. Gue dipaksa miring kanan (dimiringin lebih tepatnya) langsung gelagepan ga bisa atur napas. Untungnya cuma bentar, jam 7 langsung dibolehin nyemplung kolam. Bismillah. Rasanya? Nyeeeesss, nyamaan. Saking nyamannya malah kontraksi ilang dan gue smpet ketiduran. Mba Erie bilang pokoknya ikutin dedenya sama ikuti tubuh aja. Pas kepala dey udah crowning gue sempet ngeden di posisi setengah duduk sambil dipeluk ayah dari belakang, tapi ga berhasil. Akhirnya karna kontraksi ilang, mba Erie bilang coba jongkok aja biar gravitasinya lebih gede. Ok, pindah posisi, gue jongkok madep ayah, tetep sambil dipeluk dan dicium hihihi... Penting lho, biar oksitosin keluar jd makin nyaman.

Setelah pindah posisi ini subhanallah dorongan dey makin kuat. Mba Erie bilang kepala udh keliatan, kalo mau pegang silakan. Tapi gue ga pegang saking groginya. Mba Erie terus dzikir, gue cuma bisa istighfar, ayah masih terus peluk&ciumin gue, kakak masih pulas tidur di sebelah, mba ririn ngerekam pake hp. Suasana yang beda banget dibanding lahiran kakak. Ga ada suara berisik, ga ada kepanikan, ga ada suara gunting, ga ada yang nyuruh ngeden. Semuanya tenang. Pas kontraksi datang lagi, dey dorong lagi, gue bantu sama tarikan napas panjang, tanpa ngeden, alhamdulillah kepala dey udh keluar semua. Tapi dey keliatannya lemes jadi Mba Erie bantu narik dikit. Alhamdulillah pukul 07.30 Dey lahir dengan selamat. Laki-laki, sehat, sempurna. Langsung ditaruh di dada gue. Gue dekap badannya yg mungil, hangat, licin. Assalamualaikum dey, ini bunda..

Ayah langsung bangunin kakak, tadinya ga mau, tapi pas dikasih tau dey udah lahir langsung melek dengan semangat ikut nyemplung kolam, kita berpelukan ber4. Bahagiaaa... Sekitar 10 menit kemudian gue naik ke kasur buat melahirkan plasenta. Setelah plasenta lahir dey lanjutin IMD sambil diadzanin sama Ayah. Dey masih terus IMD selama 2 jam sambil gue diobservasi (dan sambil kabar2in bapak ibu temen2). Nah bagian yang mengerikan dari proses melahirkan menurut gue adalah jahit menjahit. Pas plasenta udah lahir semua gue udah ngeri aja nih, katanya kalo anak pertama di episotomi ntar bekasnya kemungkinan besar robek lagi. Tapii... Alhamdulillah ternyata ga perlu dijahit karna ga ada robekan, cuma lecet kecil aja. Yayyy!

Setelah 2 jam dan ga ada masalah gue langsung mandi sendiri sementara dey dibersihkan, ditimbang dan dipakein baju. Selama sehari Dey masih barengan sama plasenta yang emang ga langsung dipotong. Sebenernya gue pengen lotus aja (plasenta dibiarin sampe mengering dan lepas sendiri) tapi ayah kurang setuju, takut susah dan ribet ngerawatnya, jadilah cuma delayed burning cord aja selama kurang lebih 24 jam. Hari minggunya sebelum kita pulang dari klinik baru tali pusatnya diputus dengan cara dibakar.


Kita di klinik Mba Erie cuma sehari, Minggu siang udah sampe rumah lagi. Welcome home Dey...


Alhamdulillah atas semua nikmat-Mu Yaa Allah. Telah Kau berikan kesempatan padaku untuk menjadi ibu, telah Kau mudahkan dalam menjalani kehamilan dan kelahiran ini. Semoga selalu Kau mudahkan proses pembelajaran dalam setiap detik kehidupan kami.

Azfer Ednand Dafiandra, terima kasih telah melahirkan bunda menjadi ibu beranak 2, terima kasih sudah bekerja sama dengan baik sejak awal kehadiranmu di rahim bunda.

Ayah Dony Saputro, terima kasih atas cinta yang begitu besar. Terima kasih untuk semua kesabaran dan dukungan untuk bunda. Terima kasih udah mau sama-sama belajar dari awal tentang gentle birth dan segala sesuatu tentang kehamilan dan kelahiran.

Kakak Delisha Ednanda Fathiyya, terima kasih udah  selalu nemenin dan menjaga bunda dan dey.

Mba Erie Marjoko dan Mba ririn, terima kasih atas kesabarannya yang seluas samudera menghadapi klien yang bandel kaya aku ini. Terima kasih untuk energi positif yang tercipta sehingga  proses melahirkan ini menjadi  nyaman, lembut, tenang, dan menyenangkan.

3 komentar:

effie netta mengatakan...

baca cerita lahiran itu selalu menakjubkan...

fauziah85 mengatakan...

wih,seru ya gentle birth... cuma ga bisa mbayangin aja yg water birth itu...

kamu nyantae bener ndah suamimu pulang mepet gitu. padahal kalo alami kan ga tentu kapan mo lahiran?!

btw selamat ya... semoga jadi anak sholeh

endahhh mengatakan...

Mba Netta.. bener... mau proses normal kek, caesar kek, tetep aja setiap cerita itu menakjubkan ya...

Mba Nur... Nyante piye mba, suamiku malahan wis cuti pas UK38w, kepedean dulu delisha lahirnya 38. Pas seminggu dirumah ga lahir2 kerjo maneh. Hehehe