Senin, 10 Januari 2011

Vaksinasi HIB?

Malam minggu kemaren Delisha abis imunisasi DPT+polio 3 nih... Suntiknya sama Dr Mutiara di RS Buah Hati Ciputat, vaksin date lgi sama Kakak Naynay nya bunda anis nih..

Ini difoto malah pada asyik sendiri.. delisha bengong liatin bunda nay, Nay asyik pegang2 kaos kaki.

Berat badan Delisha cuma naik 300 gr lagi, jadi 6800gr, tingginya jadi 61 (kok dikit banget naiknya ya), lingkar kepalanya katanya ga naik, trus protes sama dokternya. pas diukur ulang di ruang dokter ternyata naik 1,5cm. Nampaknya kalo di depan ngukurnya suka ga pas karna buru2.

Oh iya, BTW delisha abis potong rambut. Gara2nya dia hobi banget jamba2in rambutnya yang udah panjang. jadilah bundanya ini melakukan malpraktek terhadap anak. Berbekal sisir pigeon dan gunting tomtip, rambut delisha berubah cepak ala tentara.hhahaha...

Habis imunisai alhamdulillah delisha masih ceria kaya biasanya, bangun bobo ketawa2. Tapi pas di RS sempet nangis kejer ga diem2 gara2 telat mimik dan ngantuk berat karna siangnya cuma bobo setengah jam aja.

Bulan depan delisha dijadwalin bu dokter imunisasi HiB1. Tapi emaknya masi mikir2 nih, mau imunisasi atau ga. Bukan karna harga vaksin yang mayan mahal sih, tapi karna ini sifatnya ga wajib. Udah gitu pas browsing2 kok katanya imunisasi yang udah pasti aman itu ya 5 imunisasi dasar yang diwajibin aja (ini diluar banyaknya pro kontra tentang haramnya imunisasi). Jadi gimana menurut mommies? Sharing dunks...

Tentang HiB:

Apa itu Hib? 
Hib adalah singkatan untuk Haemophilus influenzae type b, sejenis bakteria yang menyebabkan penyakit yang dapat berakibat fatal, seperti: Radang selaput otak ( Meningitis) -jangkitan pada selaput otak dan saraf tunjang Radang paru- paru (Pneumonia) - jangkitan pada paru- paru Radang epiglotis ( kerongkong ) - jangkitan pada epiglottis Keracunan darah ( septicaemia ) - jangkitan darah Radang sendi - jangkitan pada sendi Penyakit Hib, jangkitan HIV dan Hepatitits B BUKAN satu penyakit yang sama. Vaksin pencegah Hepatitis B adalah vaksin Hepatitis B manakala vaksin penyakit Hib adalah vaksin Hib. 

Mengapa penyakit Hib berbahaya? 
Mudah berjangkit terutama dikalangan kanak-kanak Mudah merebak Biasanya menyebabkan penyakit yang fatal atau membawa maut. Jangkitan Hib pada selaput otak bisa mengakibatkan kecatatan otak yang kekal. 

Siapa yang bisa terjangkit penyakit Hib? 
Penyakit Hib kerap berlaku dikalangan kanak- kanak bawah umur 5 tahun. Risiko jangkitan adalah paling tinggi dikalangan kanak- kanak berumur dibawah 1 tahun. Pengaulan rapat dengan kanak- kanak yang dijangkiti Hib meningkatkan risiko mendapat penyakit Hib. Bayi yang mendapatkan ASI, akan mendapat perlindungan daripada penyakit Hib, namun begitu, Imunisasi masih diperlukan untuk mendapat perlindungan maksimal. 

Bagaimana penyakit Hib merebak? 
Penyakit Hib boleh merebak apabila orang yang dijangkiti batuk atau bersin. Boleh juga merebak melalui perkongsian barang mainan yang dimasukkan kedalam mulut. 

Bagaimana penyakit Hib bisa dicegah? 
Penyakit Hib bisa dicegah melalui imunisasi Hib. Imunisasi Hib tidak dapat melindungi kanak- kanak daripada mendapat penyakit yang disebabkan oleh bakteria/ virus yang lain. Kanak- kanak mungkin boleh mendapat lain jenis jangkitan radang paru- paru, radang selaput otak atau selesma. 

Kapan imunisasi Hib diberi? 
Semua bayi berumur 2, 3 dan 5 bulan perlu diberi imunisasi Hib Imunisasi Hib diberikan sebanyak 3 dos. Umur Dos: 2 bulan Dos 1, 3 bulan Dos 2, 5 bulan Dos 3 

Bagaimana imunisasi Hib diberi? 
Imunisasi Hib diberikan secara suntikan dibahagian otot paha. Imunisasi ini diberikan dalam satu suntikan bersama imunisasi Difteria, Pertussis dan Tetanus (DPT). Juga boleh diberikan bersama imunisasi lain seperti imunisasi Hepatitis B. 

Apakah efek samping imunisasi Hib? 
Imunisasi Hib adalah AMAN Kesan sampingan(=efek samping) yang berlaku biasanya ringan dan tidak berbahaya berbanding jika mendapat penyakit Hib atau komplikasinya. Walau bagaimanapun, sakit, bengkak dan kemerahan boleh berlaku ditempat suntikan. Ini selalunya berlaku dari 1hingga 3 hari selepas imunisasi. Kadangkala, kanak- kanak boleh juga mendapat demam untuk masa yang singkat selepas imunisasi. --------
sumber: http://dranak.blogspot.com/2006/07/tentang-imunisasi-hib.html

11 komentar:

riesta mengatakan...

wew,,,,seru ya...
skalian imunisasi sambil playdate...

endahhh mengatakan...

yoyoy..
btw kok aku ga iso komen di blogmu mak?

winadahlan mengatakan...

sama bingung juga tapi akhirnya aku gag ambil beberapa vaksin non-dasar *setelah konsul dengan bagian kesehatan di kantor*
btw, brapaan vaksin HIB di sana?

Anis mengatakan...

wah ada potoku *nay nay said
jadwal kita sama gmn ambil gakkk???

endahhh mengatakan...

emk ndra: bingung... cenderungnya sih engga ya... tapi penting banget ga ya ini?
bunnay: ini penting bgt ga sih bun?masi bingung..nay iya ya?

anis mengatakan...

@endah
mboh masih bertapa...ki ty2 temen sebagian ambil, mmr-ipd banyak yg gak ambil
@wina
klo gak salah 300-350rban klo gak salah lihat (blom biaya dsa)

ecy noverto mengatakan...

zoya ngambil mak..dsini itu wajib..malah di combo dpt+hib+polio+hepab. cuma pas kmrn mudik ke indo mreka ga pnya stock combo..jdlah hepa b nya menyusul.

endahhh mengatakan...

oh iya ya momcy.. brarti penting?
duuh.. makin bingung...

winadahlan mengatakan...

Moms, sekedar sharing yah menurut dokter2 di kantorku sbenernya vaksin non-dasar itu berlaku di-general-kan di dunia ini. Padahal sbenenrnya yg wajib tuh diterapkan pada negara yg ada kecenderungan atow endemik penyakit tertentu. Dokter2 di sini biasanya nganjurin gpp ga ambil regardless those vaccines ga di-cover ama asuransi.

Jeni- Family, and Friends mengatakan...

cium sayang tuk delisha

endahhh mengatakan...

cium sayang juga dr Delisha buat auntie...