Kamis, 17 Maret 2011

campak dan kawan-kawannya

Hari Jumat kemarin Delisha sama bunda nengokin ayah ke Payakumbuh, yups, berdua aja perginya. Alhamdulillah sepanjang perjalanan di taxi, pesawat, sama mobil Delisha ga rewel. Sampe Padang sempet mampir makan di soto angkasa, sate mak syukur, sama beli duren juga. Cerita liburannya di skip dulu yaa..

Malemnya udah agak kepikiran, kok Delisha kepalanya anget, tapi badannya nggak? Mikirnya pas itu kecapean aja. Paginya, badannya ikutan anget juga, padahal rencananya mau jalan2 ke Bukittinggi sm Harau, tapi karena si cantik demam batallah rencananya.

Hari Minggu, masih demam, tapi karena ayah seninnya ada diklat, mau ga mau Delisha dibawa ke Pekanbaru pake travel, di perjalanan yang hampir 5 jam itu, sejamnya Delisha nangis, sisanya bobo sambil mimik ga mau dilepas samsek. Disini merasa jahat banget sama anak, lagi sakit kok dibawa2 pergi. Hiks...

Senin pagi, masih demam. Padahal udah banyak mimik, tapi ga turun2 panasnya. Sayangnya ga bawa termometer, jadi g nyatet suhunya. Karna ga tega, kasih paracetamol juga akhirnya (entahlah ini kata @Mamayeah dosa atau ga ngasih obat ke anak), tapi itu juga ga jadi normal banget suhunya, masi agak sumeng. Langsung keinget pas kena cacar air sebulan lalu, sempet ngomong juga ke ayah, demam itu kan bukan sakitnya, tapi tanda2 tubuh lagi melawan penyakit sebenernya. Senin malem suhu badannya udah normal, udah lumayan lah mau main2 sendiri, sebelumnya boro2, maunya nempel aja sama bundanya.

Selasa pagi, suhu badan normal, senang... Akhirnya setelah seharian terkurung di kamar 523 ini, ngajak Delisha keluar buat sarapan. Abis itu baru nyadar, kok mukanya bintiik2 merah dan matanya agak bengep? Tadinya mikir alergi makanan atau bundanya kelupaan makan/minum yang mengandung susu. Tapi ini kok banyak banget, makin lama makin banyak. Curiga campak!!
Langsung googling tentang campak (sumber http://mommiesdaily.com/2010/03/24/campak-rubella-dan-roseola-i/), yang gejalanya kaya gini:

Gejala-gejala campak:

  • Hidung berair dan sedikit batuk.
  • Mata berair dan radang mata (conjuctivitis), termasuk photo phobia (silau bila melihat cahaya).
  • Muncul bercak putih-abu di dalam mulut (pipi bagian dalam), yang dinamakan Koplik Spots atau bercak koplik.
  • Demam tinggi bertahap (38-40,5C).
  • Pada saat demam memuncak, ruam merah-merah mulai muncul. Mula-mula di daerah muka, disekitar garis rambut dan belakang telinga. Kemudian menyebar ke dada dan punggung. Lalu berlanjut ke paha dan kaki. Ruam ini mungkin agak-agak gatal pada beberapa anak.
  • Ruam bisa berbentuk timbul maupun datar.
  • Banyak atau sedikitnya ruam juga menandai berat ringannya campak. Makin banyak dan penuh ruamnya di sekujur tubuh, makin berat juga penyakitnya.
  • Ketika demam mulai menurun, bintik merah juga berangsur menghilang sesuai urutan timbulnya.
Dari ciri2 ini kayanya ga cocok sama Delisha, agak tenang, berarti bukan campak. Lalu dari bunda Dhita dapet referensi mungkin rubella. Langsung googling lagi, ciri2 rubella.

Gejala-gejala rubella:

  • Demam ringan maksimal 38.9C.
  • Sakit kepala.
  • Hidung tersumbat atau berair.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di belakang leher dan dibalik telinga.
  • Ruam merah muda di seluruh tubuh.
  • Ruam muncul saat demam reda.
  • Sakit persendian, terutama pada perempuan muda.
Hmm, agak2 mirip sih sama gejala Delisha. Agak tenang karena rubella atau campak jerman ini ga semengerikan campak, waktu sembuhnya juga lebih cepat. Jadi sampai disini mengira delisha kena rubella.

pas baca-baca lagi ada juga roseola.

Gejala-gejala roseola:

  • Panas tinggi mendadak dan langsung diatas 39C bahkan bisa 40.6C.
  • Panas berlangsung 3-5 hari.
  • Pada beberapa anak, demam bisa didahului (atau bersamaan dengan) sakit tenggorokan, hidung berair, ato batuk.
  • Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).
  • Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga.
  • Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.
  • Saat demam turun ruam akan muncul. Ruam bisa berbentuk timbul maupun rata. Munculnya terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai. Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.
Sorenya memutuskan bawa Delisha ke dokter biar lebih jelas, setelah muter2 Pekanbaru, akhirnya nyangkut di RSIA Andini, sama dokter Rizalnia. Setelah cerita bla bla bla, lalu diperiksa, kata dokter kalo campak jelas bukan. Rubella agak mirip gejalanya tapi bukan juga karna ga ada pembengkakan kelenjar getah bening. Jadi kata dokter ini Exantem, hmm, apa ya? lupa. hehe... agak2 ga konsen juga karna pas itu delisha pup. hihihi.. kata dokter bercak merahnya akan hilang dalam waktu 3 hari, ga perlu terapi apa2 karna ini virus, cuma perlu istirahat plus banyakin cairan dan vitamin.

Yess, dokternya OK juga, padahal sebelumnya udah ngira bakal dikasi antibiotik kaya hobi dokter2 disini. Jadi dokter dan RSIA Andini ini recommended lah, pelayanan ok, ramah, ruang periksa ok, dengan mainan2 yang bikin anak betah, ruang menyusuinya super nyaman, bahkan ada kasurnya!

Hari kedua bercaknya makin buanyaaak, kasian banget liat mukanya.
penampakan hari kedua

Dan hari ini, alhamdulillah bercaknya udah berkurang banget biarpun blom ilang total, tapi alhamdulillah si cantik udah ceria sepertii semula.
Scrapbook at WiddlyTinks.com
Scrapbooking Photo Tinks by WiddlyTinks.com


Ayo Delisha cepat sembuh, biar kita bisa bertualang lagi..

2 komentar:

netta mengatakan...

cepat sembuh ya delisha...
kiss..kiss :*
btw hebat berani naik pesawat b2 aja, hehehe

Astrid mengatakan...

emang lg musimnya kayaknya virus gt. lg musim disini jg. pas ganendra ke dsa, dsa-nya sibuk ditelponin ama pasien yg kena gt jg. terus dsa cerita kalo lg musim. cuma diksh obat penurun panas aja dan bener, gak perlu antibiotik :D