Selasa, 03 Mei 2011

Cicil LM (updated)

Setelah hampir 2 tahun berumah tangga, akhirnya baru sekarang punya niat investasi. *tutupmuka. Memang gw akui selama ini pengelolaan keluarga kami berantakan, ga ada budgeting, cash outflow tak terkendali. Prinsipnya, yang penting semua kebutuhan tercukupi, kalo ada sisa baru nabung. Padahal tabungan kan ga bisa dijadiin investasi ya, karena nilai uang semakin turun.

Beberapa waktu lalu sehabis dapet seminar dari Ahmad Gozali sempet insyaf liat biaya pendidikan yang ajegile aja naiknya lalu membulatkan tekad untuk segera investasi, apapun bentuknya. Pilihan investasi pertama jelas Logam Mulia (LM), alasannya simple, harga emas tiap tahun selalu naik, ga pernah turun. Yaeyalah, secara makin lama emas semakin dikit.

Sebetulnya di awal tahun ayah udah bilang mau beli LM, tapi entah kenapa ga jadi-jadi sampe akhirnya harganya sekarang udah naik banyak... Menyesal sih pastinya... Lalu akhirnya istrinya ini yang ambil inisiatif buat beli LM. Tapi, mengingat kebutuhan rumah tangga yang begitu banyak (baca:istri ga punya duit), akhirnya diputuskan buat beli secara cicilan aja. Pertimbangannya? Yang pertama karena ga punya duit cash, hahaha. Trus, kalo sistem cicilan kan tiap bulan kita dipaksa bayar, jadi udah kaya kewajiban aja, keluarnya ga terlalu kerasa karna jumlahnya juga ga besar.

Terus, belinya dimana? Di Pegadaian! Sebenarnya ada yang lain sih seperti di cicilemas.com nya Ahmad Gozali, tapi disitu minimal 20gr dan waktunya lebih singkat. Kalo di Pegadaian ini program jual beli LM ini namanya MULIA, pembeliannya bisa tunai dan cicilan.

Jadi, komponen harga disini ada harga pokok, margin, dan ongkos kirim. Kalo harga pokok emasnya ikut harga ANTAM. Marginnya tergantung berapa lama waktu cicilan kita, makin lama cicilan makin besar marginnya.Kalo lama cicilan 3 bulan, margin 3%, 6 bulan margin 6%, dst. Ongkos kirim juga tergantung lokasi, tapi ga besar kok.

Syaratnya apa? cukup fotokopi KTP dan bayar DP (30% dari harga) ditambah dengan margin, administrasi dan ongkir. Misalnya, tadi gw beli LM 10 gr cicilan 6 bulan dengan harga Rp 4.384.798, berarti marginnya 6% yaitu Rp 263.100, jadi total pembiayaannya Rp 4.648.100. DP 30%nya Rp 1.394.430 ditambah adm 50.000 sm ongkir (lupa berapa, sekitar 10rb), itulah yang harus dibayar di awal. Lalu, sisa pembiayaan dibagi 6 bulan, tiap bulan gw harus bayar Rp 542.278. Setelah lunas, LMnya bisa langsung diambil. Yippie... Buat yang mau nyicil LM, bisa dateng ke cabang pegadaian terdekat...

Sepertinya dengan jumlah segitu insyaallah ga mengganggu perekonomian keluarga, daripada uang abis ga jelas kan ya? Jadi target minimal dalam 1 tahun nyicil minimal 15gr LM, jadi 2 tahun lagi pas Delisha masuk PG udah ada dananya, trus 2 tahunnya lagi pas mau masuk TK juga ada dananya. PRnya memikirkan investasi buat SD-SMA, juga kuliah yang ngebayangin nilainya bisa bikin pengsan... Pelan2 aja kali ya, namanya juga baru belajar...

Insyaallah mulai sekarang juga membuat family budgeting biar cash inflow-outflow jelas. Semangat untuk masa depan yang lebih baik!!!

Sekian sekilas inponya, semoga bermanfaat bagi emak-emak tak berduit macam dirikyu ini. Hehehe...

*update (6/5) alhamdulillah karna hari ini harga emas turun, akhirnya ayah beli juga LM nya, plus dinar. Jadi uang masuk PG insyaallah aman... Sebenernya tadinya uang di tabungan mau dibeliin LM smua, tapi gw minta setengah aja, sisanya buat dana cadangan. Alhamdulillah sedikit2 keuangan keluarga mulai diatur...

3 komentar:

Jeni- Family, and Friends mengatakan...

tfs ya bun..LM lumayan ya kenaikan harga per thnnya bs pe 20 persen. cicil dikit demi dikit lama2 jd kebun emas...

Icha mengatakan...

TFS yah say. Dikit2 pasti nanti jd bukit. Hehehe. Smangatttt invest nya yah...kiss kiss...

ReyLia mengatakan...

Yooosh...aq punya rencana buat beli LM juga niih... *baru rencana, tapi inysa allah segera direalisasikan :P
thanks inpoonyaaa :)