Selasa, 27 April 2010

Review HOHC

Di postingan yang lalu janji mau bikin reviewnya Harmoni Obginozone Health Center (HOHC). Hmm, gimana ya caranya bikin review? Bingung, ga pernah bikin review. Harap maklum kalo ga enak bacanya... ^_^

Yang pertama : tempat.
Klinik Dr Bob ini letaknya di komplek Harmoni Plaza B30-31 Jalan Suryo Pranoto No 2 Jakarta. Pas dateng kesini sempet pake acara nyasar ke ruko sebelah karena ga terlalu ngerti daerah sana. Patokannya, kalo dari arah Veteran pas nyampe simpang harmoni ambil lurus aja, ada ruko di belakang Bank Buana di sebelah kanan jalan, nah kita masuk kesitu.
Pas sampe di kliniknya, agak2 meragukan juga, karna cuma ruko biasa, udah agak tua, catnya kusam, dan ga terlihat tanda-tanda kehidupan. yang meyakinkan kalo ini klinik kebidanan adalah plang nama sederhana plus foto2 USG 4 dimensi yang ditempel di depan. Ternyata, pas di dalem kita dapet jawabannya, kata pak dokternya tiap kali bikin papan nama bagus selalu aja ilang beberapa hari kemudian. Entah emang dicuri atau ada yang ga seneng sama dia katanya.
Kliniknya Dr BOb sendiri adanya di lantai 2. Disitu ada meja resepsionis yang sangat sederhana, sama mbak resepsionisnya yang ramah banget. Di sebelahnya ada 2 tempat tidur pasien (yang gue heran, buat apa ada tempat tidur pasien di sebelah resepsionis?). Di lantai 2 selain ada ruang periksanya juga ada kamar untuk rawat inapnya, juga ruang untuk terapi ozon. Pas di ruangannya Dr Bob, ruangannya sama sederhananya. Dengan lampu agak remang2 plus wallpaper yang udah pada ngeletek di beberapa bagian.Kamar rawat inapnya sih bersih ya, cuma sama aja, heran sama klinik ini karna kayanya pelit lampu. jadi kesannya agak2 spooky gitu.

Kedua : Dokternya.
Dr Bob ini kayanya keturunan arab atau india gitu deh. Pertama ngeliat agak serem karna kumisnya tebel, jarang senyum. tapi ternyata dokternya baik kok, banyak cerita, biarpun pake ekspresi datar yang ga bisa ditebak. Waktu USGnya juga lama, pas gue kemaren hampir 1 jam. Malah yang sebelum gue sejam lebih katanya. Ngejelasinnya juga detail, setiap bagian tubuh baby dijelasin. Dokternya juga sering ngasih joke2 yang ga terduga. Yang paling lucu pas lagi USG jelasin bagian2 rahim, dia bilang gini. "Ibu pasti udah pernah donk berhubungan seksual? Kenapa "itunya" bapak harus berdiri?". Gue sama ayah cuma senyum2 aja, si ayah yang katanya jagonya tebak2an pun ga bisa jawabnya (ga bisa atau malu?). Trus dokternya nunyuk ke layar monitor, "ini kandung kemih, ini leher rahim, ini rahim ibu, nah kalo pas berhubungan seksual kan alat vital pria ada disini, iya kan?" Gue sama hubby iya2 aja menerima penjelasan si dokter. Eh, ga taunya lanjutannya kaya gini, "Nah, disini ga ada kursi kan, makanya dia berdiri, kalo ada kursi pasti duduk, cape." Gubraaaaakkkkkk... Gue pikir penjelasannya bakalan ilmiah, ternyata begitu.
Terus, dokter ini ga suka pake obat2an deh kayanya. Soalnya dia bilang, yang penting makan apa aja yang sehat. Orang jaman dulu, trus orang2 di kampung ga pake suplemen folat, DHA, karena sebetulnya semua itu udah cukup dipenuhi sama makanan yang kita makan. Jadi gue ga diresepin vitamin apa-apa.

Ketiga : Peralatannya
Untuk alat USGnya disini bisa 2, 3 atau 4 dimensi. Biarpun monitornya pake TV biasa, bukan plasma tapi kata gue jauh lebih bagus daripada alat yang biasa dipake Dr Oni di RSI Cempaka Putih. USG nya ganti2an antara 2 D sama 4 D. Trus masalah peralatan buat melahirkannya gue ga tau ya, tapi disini juga bisa lahiran normal atau caesar. Disini juga menerima pap smear, kopolskopi, vaksinasi, sama terapi ozone.

Keempat : Harganya
Dengan segala fasilitas kaya yang gue review diatas, harga yang harus dibayar bisa dibilang murah banget. Untuk USG (2d+4d) plus konsultasi dokter harga yang dipatok hanya 155ribu saja. Murah kan??
Untuk bulan April dalam rangka hari kartini ini malah ada diskon tiap senin-jumat, USG, pap smear, apa lagi ya pokoknya chechk up kesehatan wanita hanya 100 ribu aja. Pas gue nanya kok bisa murah? Kata dokternya kalo wanita, dikasih uang sejuta, disuruh milih untuk check up kesehatan reproduksi atau belanja, pasti lebih milih belanja. Makanya do'i matok harga murah untuk kliniknya, yang penting katanya wanita2 bisa dapet pelayanan kesehatan memadai dengan harga terjangkau. Salut...
Kalo untuk lahiran normal dengan bidan, disini start from 750 ribu-1,5 juta all in. Lahiran sama Dr Bon normal 1,5-2,3 juta all in, dan caesar 4,5-7 jutaan (kalo 7 juta ini untuk bayi kembar). Murah banget ya??
Cuma kalo gue sih untuk lahiran agak kurang sreg karna itu tadi, tempatnya agak spooky...
Oiya, disini juga menerima Surat Keterangan Tidak Mampu. Seandainya ada ibu yg ga mampu tapi harus lahiran secara caesar, arus bilang minimal 2 jam sebelum operasi untuk dicarikan donatur.

Mungkin segitu aja reviewnya, ntar kalo ada yg kurang ditambahin lagi deh. Udah mulai pegel nih mata ngadepin monitor mulu. Smoga membantu bagi para wanita yang mau dapet layanan kesehatan reproduksi dengan harga terjangkau.

5 komentar:

winadahlan mengatakan...

nice philosophy from the doctor :)

windia mengatakan...

kok bisa murah bgt yaaah? hari ginii...eih, tp spooky gt eheh :p

endahhh mengatakan...

@WIna :)
@Windia : iya itu kata dokternya kaya yg di tulisanku, karna wanita lebih milih belanja drpd suruh periksa kesehatan reproduksi. hehehe... Makanya itu karna murah dia ga ada dana buat perbaikan tempat (mungkin)..

hery mengatakan...

aman gak ya usg di dr bob, beneran dokter kan?

endahhh mengatakan...

@Hery : ya beneran dokter donk, SpOg, masa boongan sih? selain di kliniknya dia juga prakter di beberapa rumah sakit kok...