Senin, 05 April 2010

Pengajian 4 Bulanan Dede

Alhamdulillah hari Jumat kemarin kami udah ngadain pengajian 4 bulanan dede. Pengajiannya diadain dirumah kakek-neneknya dede (mertua gue) di Bogor dengan alesan kami belum punya rumah sendiri. Hehehe, ga penting...

Sebenernya di keluarga kami yang lebih banyak jawanya, kami lebih mengenal acara 7 bulanan daripada 4 bulanan. Bahkan pas gue bilang mau ngadain pengajian 4 bulanan, nyokap gue sempet bingung, knapa ga 7 bulanan? Jadilah gue harus cari-cari referensi tentang 4 bulanan ini. Kalo menurut apa yang gue tau (yang pengetahuan agamanya amat sangat terbatas), di agama Islam dipercaya saat 4 bulan itu ruh bayi ditiupkan, jadi harapannya diadain pengajian ini biar banyak yang mendoakan dede biar jadi anak yang soleh/solehah. Selain itu, IMHO, kalo acara 7 bulanan itu kan lebih ke arah adat atau tradisi, dan memakan biaya yang ga sedikit, jadi mending uangnya ditabung aja.

Setelah gugling sana sini, nemulah hadist ini :

Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya dalam waktu 40 (empat puluh) hari, kemudian menjadi segumpal darah selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama itu juga (40 hari), kemudian diutuslah Malaikat kepadanya dan ditiupkan ruhnya, kemudian diperintahkan untuk menuliskan 4 perkara; rejeki, ajal, amal perbuatan dan nasibnya celaka atau bahagia. (Perawi : Abdullah bin Mas’ud, kitab : Mu’jam Asy-Syuyukh, jilid 2, hal 764, derajat hadits : Shahih)

Jadi, sebagai bentuk prenatal education, ibu hamil dianjurkan selalu melakukan kegiatan positif, seperti makin rajin berdoa, lebih memperdalam ilmu agama, selalu bersyukur, meredam emosi, makan makanan bergizi, selalu menjaga kesehatan, dsb.

Ok, kembali ke acara pengajian si dede. Ga ada konsep apapun, cuma acara sederhana aja. Yang diundang ibu-ibu pengajian di komplek rumah mertua. Acara dimulai sekitar jam 4 sore, dibuka dengan mukadimah oleh Bu Umar, pemimpin pengajian. Setelah itu gue sama hubby baca surat Maryam. Maunya sih gue baca Maryam, hubby baca Yusuf, tapi waktunya ga memungkinkan karna suratnya panjang. Jadinya untuk surat Yusuf, Arrahman, Muhammad, (sama 1 surat lagi apa ya?lupa.. hehe.. ) dibantuin sama ibu-ibu pengajian. Dengan dibacanya surat-surat ini diharapkan si dede jadi anak yang akhlaknya sebaik Nabi Muhammad, kalo cowo seganteng Nabi Yusuf, kalo cewe secantik Siti Maryam, dan mendapat kelapangan rizki. Amiiin... Abis baca Qur'an dilanjut dengan baca rawi oleh ibu-ibu pengajian. Gue sih tinggal amin2 aja deh soalnya ga punya bukunya. hehe.. Abis itu baca doa buat dede, bundanya, dan keluarga kami.

Sebenernya buat pengajian ini pengen pesen pempeknya Bubun Olel, tapi apa daya karna pesennya terlalu mepet jadilah ga bisa, bubun udah full pesenan. Jadinya ibu-ibu yang dateng dipesenin nasi box di deket rumah, sama lontong sayur buat dimakan setelah ngaji. Agak aneh juga ya, masa sore2 makan lontong sayur? Tapi gpp lah, yang penting kan niatnya baik... Trus ibu-ibu yang dateng dikasih sovenir yang murmer aja, kipas jepang. Tadinya mau ngasih tasbih bikinan sendiri, tapi dipikir2 kalo pas ngaji pasti gerah, jadi kipas lebih berguna.


Foto-fotonya :



















Me on 18 weeks. Trik Nomor 1 : Pake baju hamil biar perut keliatan kalo hamil. Tapi pipi udah makin gembil aja nih...















Ayah&Bundanya dede.. Ayah juga makin menggendut aja badannya. hehehe..















Salam2an sama ibu-ibu pengajian.

Alhamdulillah acara pengajiannya berjalan lancar. Terimakasih buat Nenek&kakeknya dede sama keluarga yang udah organize pengajiannya. Terimakasih juga buat ibu-ibu yang udah mau dateng dan berdoa untuk dede. Semoga dede dan bundanya sehat-sehat sampai waktunya dede lahir nanti jadi anak yang soleh/solehah, sehat, cerdas. Amiiin...

5 komentar:

Nova Lumar mengatakan...

alhamdulillah dah 4bln yah say
semoga ci dede ma bundanya sehat trz ya.

titip kiss buat dede yah say

Mrs.Olive mengatakan...

wah udah 4 bulanan aja nih. cepet yah :) semoga bunda sm dedenya sehat terus ya. amin

endahhh mengatakan...

@Auntie nova&olive : Iya.. ga kerasa.. Amiiin...Makasih doanya..

Kisskiss dari dede buat auntie nove&auntie olive..

windiamulia mengatakan...

So glowing bumil...sumpah cantik. Aku baru tau wujud seorang endahh ;)
Sehat selalu yaah bunda n dede.

endahhh mengatakan...

Duuhh, jadi malu... Muji atau menghina nih ya, Windia? Secara itu kucel banget, keringetan abis, muka berminyak. Hihihi...