Sabtu, 23 Juni 2012

Puncak Lawang

Yap, masih tentang objek wisata di Sumatera Barat. Puncak Lawang, dataran tinggi yang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Dari puncak ini, kita bisa liat pemandangan danau maninjau yang indah sepanjang mata memandang. Puncak Lawang juga terkenal sebagai spot paralayang kelas internasional, beberapa kali gue liat liputannya di tivi.

Ini kali pertama gue kesini, akhirnya setelah berkali-kali ke Sumbar. Dari Payakumbuh kita lewat Bukittinggi, mampir makan dulu donk pastinya. Kali ini bukan di Itiak Ngarai, tapi masih di deket-deket situ juga sih, namanya lupa. Sebenernya spesialnya bukan itiak lado mudonya sih, tapi pangek ikan batalua. Semacam ikan emas yang dimasak gulai, yang bikin spesial itu ikannya lagi bertelur, jadi perutnya gedeee banget, full sama telurnya. Satu porsi kecil (padahal lumayan gede) kaya yang kita pesen itu bisa untuk 2 orang, kalo yang ikannya gede bisa buat berempat. Tapi kita pesen satu orang satu lauk (gue pesen itik) jadi makan ikannya agak2 eneg di akhir, walaupun habis juga sih. Hihihi... Rasanya? Ikannya Enaaakkk, tapi itiknya gue tetep megang Ngarai, yang ini kurang lembut dagingnya. Makan berdua abis 60 ribu.



Perut kenyang, siap jalan-jalan lagi. Dari Bukittinggi ke Puncak Lawang sekitar setengah jam, pemandangan sepanjang jalan pastinya bukit-bukit. Daaan, jalan yang berkelok pastinya bikin gue lumayan mabok. Pas udah mau sampe, gue bilang, ini kabut dan dingin banget, padahal baru sekitar jam setengah 2 siang. Puncak bogor aja ga segituya kan. Sampe di tempat wisatanya, bayar retribusi 5 ribu per orang. Turun dari mobil, dingin banget bok, mana Delisha ga bawa jaket. Di parkiran cuma ada serombonga bis anak SMP atau SMA dan beberapa pengunjung lain. Eh, sebenernya tempat wisatanya ga cuma 1 sih, ada beberapa spot yg dikelola sebagai tempat wisata.

Lalu, naiklah kita ke atas, tempat liat pemandangannya. Sesampainya kita di atas, apa yang kita liat sodara-sodara? Kabut tebal sepanjang mata memandang. Mana danaunya? mana?


Itu ya, di foto pertama, seharusnya backgroundnya pemandangann danau, bukan kabut gitu. Setengah jam nunggu sambil ngopi ngeteh, akhirnya gerimis dan kita memutuskan pulang saja.

Apakah kita menyerah sampai disitu? Tentu tidak, minggu depannya kita kesitu lagi donk. Dan ayah sampe bilang, kalo yag kedua ini kabut lagi, ayah ga akan kesitu lagi. Hahaha... Kali ini kita ga ke tempat yang kemaren, tapi di spot lainnya. Lumayan deg-degan tuh pas mau sampe, takut ayah kemakan janjinya.  Daaaaan, ternyata... ga kabut! Alhamdulillah... Subhanallah ya, pemandangannya indah banget. Danau maninjau, dikelilingi bukit-bukit, langit biru dengan berkas-berkas cahaya menembus dari celah awan. Keren deh pokoknya... Oiya, disini tiket masuknya juga 5 ribu per orang, ada saung-saung sih tapi kemaren penuh semua. Jadi kita duduk di rumput aja sambil makan jagung manis rebus yang jadi makanan wajib tiap ke bukittinggi. Si anak bahagia lari-larian sana sini, emaknya yang jantungan takut anaknya gelinding kebawah. Sayangnya kita ga punya kamera bagus, dan ga bisa editing foto, jadi ya monggo dinikmati foto apa adanya...






Cantik kan pemandangannya, jangan lupa mampir kesini ya kalo lagi ke Sumbar...

Tidak ada komentar: