Senin, 09 Desember 2013

Dafiandra 0-2 Bulan

*Berdoa dulu semoga masih bisa nulis milestone si Dey kaya pas jaman kakak dulu.

Dafiandra, yang sama orang-orang dipanggil Dafi, sama gue dipanggil Dey, sama kakak dipanggil Dey Lui, kadang ade mimi, sekarang udah 2 bulan. Apa aja perkembangannya di 2 bulan ini?

Waktu lahir beratnya 3,9kg panjang 52cm. Di usia 1 bulan beratnya 5,3kg,  panjang 56cm. Di usia 2 bulan beratnya 6,5kg, panjangnya ga diukur sama bu bidan.

Sampai usia 1 bulan emak bapaknya masih maju mundur tentang imunisasi, antara iya dan ngga. Lebih tepatnya emak bapaknya beda pendapat. Gue maunya Dey imunisasi, karna kita ga selamanya bisa ngekepin anak di rumah, dan kita ga tau anak kita berinteraksi sama siapa aja, ga tau orang2 itu sehat atau ngga. Sementara si Ayah pengen Dey ga imunisasi, terkait kehalalannya, dan juga berkaca sama temen-temen kantornya yang anaknya pada ga diimunisasi tapi sehat-sehat aja. Waktu kontrol ke Bidan Erie pas Dey 2 minggu kita ngobrol soal ini dan Mba Erie bilang dipikir2 aja dulu, apapun keputusannya yang perting kitanya yakin. Mau imunisasi boleh, ngga juga gpp. Tapi akhirnya setelah melalui proses perdebatan  diskusi yang panjang akhirnya diputusin buat imunisasi. Bismillah. Jadi di 1 bulan Dey imunisasi Hepatitis B sama polio, trus di 2 bulan dapet combo BCG+DPT.

Dey 1 bulan 

Dey 2 bulan

Dey termasuk bayi yang anteng, di awal kelahirannya ga begadang, kalo bobo malem paling nangis kalo minta mimik, bahkan kalopun malem dia bangun melek aja gitu ga nangis dan emaknya ini bisa tetep tidur. Bulan pertama sempet ada masa dia begadang, biasanya dari jam 1 sampe jam 4 pagi, dan harus digendong, kalo ngga nangis. Tapi alhamdulillah ga lama, cuma semingguan. Setelah itu udah lumayan teratur jadwalnya, bangun pagi jam 5an, malemnya tidur jam 10an.

Perkembangannya di usia 2 bulan ini, udah seneng diajak ngobrol dan membalas dengan bersuara dan ketawa lebar. Hobinya ngemut tangan, ga cuma jari aja tapi hampir semua masuk. Kalo tengkurep sendiri belum bisa, tapi udah miriiing banget badannya. Berat kali ya badannya? Hehe... Kalo kita tengkurepin udah berusaha ngangkat kepala biarpun blom kuat banget. Trus dari 1 bulanan ga mau digendong tiduran kaya bayi, maunya posisi disendawain. Padahal pegel juga kan kalo ga pake gendongan.

Urusan per-ASI-an alhamdulillah masih (dan selalu) lancar. Gue mulai nyetok waktu Dey umur 10 hari, ga muluk-muluk sehari 1 botol targetnya, kadang 2 atau 3. Jadi, pas gue masuk kantor ini ada sekitar 120 botol dan plastik di freezer. Pas umur 1 bulan dicobain ASIP pake dot ga mau, tapi tetep gue cobain sehari sekali, lama-lama mau juga. Dengan catatan ASIP yang dikasih yang masih fresh atau dari kulkas, ga mau kalo yg udh dibekuin di freezer. Setelah gue cari penyebabnya, ternyata karna ASIP beku gue bau sabun/bau besi. Karena sayang stok di freezer jadi gue cari cara gimana biar ASIP ga kebuang. Kalo mau di scalding atau flash heating kok asa sayang nutrisi dan antibodinya rusak. Jadilah gue pake sistem campur 1/2 botol ASIP dr freezer dan 1/2 botol ASIP fresh. Kalo gue tinggal kerja dari jam 6 pagi sampe 7 malem Dey minum 600-700ml. Jadi di kantor harus pumping 4 kali karna kejar tayang plus sekali kalo malem dan sekali pas bangun tidur. Alhamdulillah biarpun ga berlebih asal cukup aja buat Dey.  Kalo pagi  gue nyiapin 700ml, yang 600ml  fresh yang 100ml dr freezer, trus 100ml yang fresh dimasukin freezer biar stoknya muter. Semogaa tetep istiqomah  menepati jadwal pumping. :D

Sehat terus ya Dey, kesayangannya Ayah, Bunda dan Kakak... We love u soo much...


2 komentar:

effie netta mengatakan...

dey ndutnya...
lucu..

Icha mengatakan...

Sehat terus yah dey...Ciummm gemesshhh...;-*