Kamis, 19 Juni 2014

Museum Layang-Layang Indonesia

Bulan lalu pas lewat daerah Pondok Labu ga sengaja ngeliat papan penunjuk arah bertuliskan Museum Layang-Layang Indonesia. Udah sering denger sih tapi ga tau kalo lokasinya ternyata ga begitu jauh dari rumah. Karena emang gue bukan tipe yang ga terlalu seneng jalan-jalan ke mall, langsung deh bertekad, ntar kalo pas ayah pulang lagi kita harus kesitu!

Jadilah hari Minggu kemarin kita ke Museum Layang-Layang Indonesia. Tapii, sehari sebelumnya Ayah nonton di TV lagi ada Festival Palang Pintu 2014 tanggal 7-8 Juni, jadi sebelum ke Museum Layang-Layang Indonesia kita ke Festival Palang Pintu 2014 di Kemang dulu. Ga beli apa-apa disana karna ga tahan panasnya *ya salah sendiri kesitunya tengah hari bolong.





Abis makan di D'Cost sekalian ngadem dan sholat (yaelah jauhjauh kesana makannya d'cost juga, diciputat juga ada kaliii)  kita cus ke Museum layang-layang. Lokasi tepatnya di Jalan H. Kamang no. 38 Pondok Labu, Jaksel. Nanya ke om google map pasti tau kok dia. Hehehe...

Sampe sana udah sepi karna udah sore (atau emang biasanya sepi ya? duuuh, jangan donk..), cuma ada 3 mobil yang parkir. Pas masuk kesan pertama gue, adeeem... Langsung deh beli tiketnya (kita sih belinya paket yang 10 ribu aja meliputi audiovisual, museum tour dan membuat layang-layang kertas).



Pertama kita ke ruang audio visual untuk nonton film tentang layang-layang yang berdurasi sekitar 15 menit, ada sejarah layang-layang, jenis layang-layang de-el-el. Nah karena yang dinamakan ruang audio visual ini adalah sebuah ruangan dengan tikar jepang yang dilengkapi kipas angin, jadilah cuma di beberapa menit nonton, si Ayah malah tidur, dedoy ngerangkak kesana kemari, kakak ikutan ayah tidur2an, si tante ngejar2 dedoy. Alhasil cuma gue yang serius nonton. -___-


Selesai nonton kita masuk ke museumnya ditemani seorang pemandu. Museum ini didirikan oleh Ibu Endang W. Puspoyo pada tahun 2003 karena kecintaannya terhadap layang-layang. Koleksinya mulai dari layang-layang tradisional, layang-layang festival yang keren-keren banget, sampai layang-layang dari berbagai negara. Selain layang-layangnya sendiri, ada juga macem-macem accessories  main layang-layang kaya goang (yang bikin layangan bunyi) sampe kaya semacam sepeda dan skateboard untuk main layang-layang. Koleksi layang-layangnya juga selalu di update lho...

Mas guide nya (lupa nanyanya) juga informatif banget, terutama ke anak-anak. Kakak aja excited nanya-nanya ke masnya.








Selesai museum tour, kita bikin layang-layang deh. Ini bagian yang paling ditunggu-tunggu si kakak. Untuk anak kecil dan anak yang lebih besar (seusia SD) atau dewasa beda jenisnya. Untuk kakak udah disediain kertas bentuk segi 6 bergambar ikan atau kupu-kupu, mereka tinggal lipat, mewarnai, terus pasang benangnya. Untuk anak besar atau dewasa kita bikin sendiri layang-layang belah ketupat kaya biasa gitu, terus digambarin pake crayon sesuai selera.




Nah ini dia hasil karya kakak:


Dan ini hasil Ayah (yang corat-coret) dan gue yang bikin layang-layangnya:


Kakak coba terbangin layang-layangnya... dan tentu saja gagal...


Gue sih sangat merekomendasikan tempat ini. Selain murah meriah (penting!), menurut gue edukatif banget. Anak jaman sekarang kan udah jarang yang kenal layang-layang. Anak-anak juga pasti seneng banget. Daripada ke mall lagi mall lagi kan? Hidup #WeekendTanpaMall!


Museum Layang-Layang Indonesia
Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12450
phone: +62 21 7658075


Tidak ada komentar: