Rabu, 24 Maret 2010

Nyeriiiiiiii...

Haihaiiii...

Sekarang usia kandungan gue udah 16weeks. Wooww, ga berasa juga ya... Kayanya baru kemaren ke dokter, baru nemuin kantung kehamilan yang cuma 5mm. Trus balik lagi ke dokter dengan ukuran kantung yang belum signifikan perkembangannya, tanpa fetus di dalamnya, plus ketakutan tentang Blighted Ovum. Alhamdulillah sekarang si dede udah 10cm, perkembangannya pesat, sehat, sesuai dengan usianya menurut HPHT maupun USG.

Kata orang-orang "iiihhh, udah 4 bulan kok perutnya ga gede2 sih?" Duuuhh, perut udah segede ini kok dibilang ga gede2. Hmmm, atau karna tadinya gue emang udah ndut, jadi skarang ga keliatan bedanya ya? Bodo ah, yang penting anak gue sehat di dalem.

Di akhir 15 weeks kemaren gue sempet ngalamin diare plus muntah-muntah heboh. Semua makanan yang masuk dikeluarin lagi, bahkan air putih juga ditolak sama perut gue. Jujur aja diare sam mun-mun heboh ini bikin gue stress. Stress mikirin gimana kondisi dede di dalem, gue aja lemes banget karna semua makanan dikeluarin lagi, apalagi dia yang masih lemah, yang makan dari apa yang gue makan? Akhirnya gue ke dokter, walaupun diluar jadwal. Demi dapet saran pencerahan dari dokter, demi bayi gue. Dan, dengan sangat terpaksa gue harus minum obat diare dari dokter. OK, emang obat itu ga bagus buat ibu hamil. Tapi, kaya yang dokter bilang, kalo penyakit dibiarin malah makin ga bagus. Jadilah minum obat diare itu. Alhamdulillah di hari keempat diarenya sembuh.

Waktu gue nanya tentang mual dan muntahnya, kata dokter itu wajar. Kan trimester pertama juga baru aja berlalu, jadi muntah2 masih wajar. Kalo emang parah itu mungkin efek dari diarenya juga. Jadi dokternya ga ngasih penghilang mual.

Sekarang, di akhir minggu ke 16 alhamdulillah nafsu makan udah mulai membaik. Mual masih, tapi dikiitt. Sekarang keluhannya udah beda lagi. Tiap di kantor, pas udah mulai siang gitu, ulu hati gue sakit, Nyeriiii, kaya ditusuk-tusuk. Pas cerita ke ayah, langsung deh ayah yang rajin cariin artikel. Intinya sih semua sama, kaya gini deh kurang lebihnya :
Untuk nyeri di ulu hati (heartburn), hal ini disebabkan oleh adanya arus balik dari lambung ke esofagus , hal ini terjadi karena lambung mengalami penurunan dan tertekannya oleh janin. Pencegahannya bisa dilakukan dengan tidak sering melakukan gerakan membungkuk, jangan terlalu banyak makan pedas, makan jgan tergesa-gesa, jgn makan dulu kalo mau tidur, tidak tidur terlentang tanpa bantal sebagai penyangga kepala dan lakukan relaksasi. (maap ya, ga nyantumin sumbernya, karna ayah juga ga nyantumin sumbernya pas ngopy)
OK, dicoba tipsnya. Smoga dapat membantu. Tapi kalopun ga membantu, gapapa deh. Gue akan selalu menikmati setiap fase kehamilan ini. Bantu bunda ya sayang, baik2 di dalem ya, sehat selalu...

BTW di hampir 17 weeks ini kok belum ngerasain gerakannya sama sekali ya? Atau karna perut gue kebanyakan lemak jadinya ga berasa? Wakakaka...


11 komentar:

Anandhita Harmujianto mengatakan...

gpp klo belum berasa gerakannya. ada yg emang agak lama baru berasa. wajar, kok. kan anak pertama. jadi blm ngeh2 banget :)

sehat terus yaaa..

endahhh mengatakan...

Dulu si kakak pertama kali berasa gerakannya berapa minggu bun?

winadahlan mengatakan...

I believe it's blessing painful, rite? Nikmati ajah indahnya jadi bumil *kek gue pernah ngerasain ajah heheh*

endahhh mengatakan...

Absolutely... Akan segera ngerasain kok, Insyaallah...

rika wardhani mengatakan...

Gw dulu sering2nya nyeri ulu hati pas 9w-12w...skrg siy uda jarang2....serius gw lebih milih eneg daripada nyeri ulu hati...soalnya klo eneg gw ga pernah mun2, tp klo uda nyeri ulu hati kadang sampe bikin gw mun2...

Gw kadang uda ngerasa ada geli2 halus n kadang kya ada gas gt di dalem perut...tp gw g yakin klo itu gerakan si kakak..coz dari baca2 klo anak pertama kan baru kerasa pas 18-20w....makanya gw nyante aja hehehe...

DAn yaaa perut gw jg belum keliatan bgt, orang2 yg g tau gw hamil ya g akan ngeh klo gw hamil, kecuali dia perhatiin bnr2 n detail ya hehehe...sehat terus y buuuuu

Anandhita Harmujianto mengatakan...

aku sih waktu itu 16w udh berasa. tapi masih kedut2 gitu deh. pas 17w malah agak2 ilang. 18w baru deh berasa lagi lebih kenceng

Kiky mengatakan...

aku juga pengen ngerasain ditendang bebe, ndah :(

endahhh mengatakan...

@Rika : iya, ga sabar mau ngerasain gerakannya. Sehat2 slalu juga ya Mom...
@Dhita : Hmm, 18 weeks ya. Ga sabar... Hihihi...
@Kiky : Toss... Eh ky, kok internet kantor kayanya ga cukup kuat buat buka blogmu yah???

netta mengatakan...

sabar ndah, kdg emng kita ga ngeh gerakannya, kn baru awal2, trus kl soal perut yg ktny ga kliatan, cuekin aj, yg penting babynya sehat...ga ada hubungan kok gede perut dgn kshtn baby =D

Kiky mengatakan...

masa'? Wew..entahlah, tapi dari sini siy baik-baik saja. Cuma emang sekarang lagi rada lambreta :P

endahhh mengatakan...

@Netta : iyah, yang penting baby n bundanya sehat selalu yah...
@Kiky : lemot... Hihihi...