Rabu, 01 Februari 2012

Bali Januari 2012 - Day1&2

Okey, lupakan sejenak keluh kesah dan tugas kuliah yang menumpuk. Mari bercerita tentang liburan pertama kita bertiga di awal 2012.  Yep, akhirnya kita ke Bali juga berkat tiket promo Citilink yang cuma 354ribu PP bertiga. Karena ini pertama kalinya ayah ke Bali, pesen ayah harus didokumentasikan secara lengkap. Heheheh.. Ok, mari kita mulai!

Day 1 (15 Januari 2012)
Flight jam 17.30, kita berngkat dari rumah jam 1an, semangat banget ya bok! Mampir makan siang dulu di gado-gado Boplo Serpong. Kok kata gue rasa gado-gadonya biasa banget ya, masih enakan abang-abang gerobak yang deket rumah. Delisha cicip sop iga bakarnya, tapi makan cuma dikiiit banget. Abis makan langsung cus ke bandara. Sampe bandara baru jam 3an, karena masih lama  abis check in kita masuk executive lounge dulu, sambil ngemil-ngemil dan gue ngerjain tugas kuliah. Yap, mau liburan tapi tetep ya, dikejar deadline tugas. Tapi eh tapi, kok jam setengah 4an udah dipanggil masuk pesawat aja, padahal belum cobain kursi pijitnya. Tadinya mau cuek aja karena di tiket kan 17.30, tapi takut juga di reschedule karena tiket promo, jadi kita buru-buru ke pintu1. Ternyata emang 17.30, tapi karena pesawat udah ada jadi disuruh naik aja. Ga mau rugi udah bayar lounge nya, kita balik lagi aja ke lounge, sholat trus gue makan nasi sama pijit kursi, ayah cuma ngemil-ngemil aja. Jam 5 baru kita naik pesawat, dan ternyata emang tinggal kita bertiga aja yang belum naik. Pesawat take off tepat waktu dan alhamdulillah landing dengan selamat, biarpun cuacanya kurang bersahabat, agak gerimis dan awan tebel. Bali, here we are!

Sambil nunggu bagasi ayah telepon orang rental mobilnya, dan udah ditunggu di lur ternyata. Kita sewa estillo 170ribu per 24 jam. Oiya, tips kalo mau sewa mobil, minta orangnya cek baret barengan kita, takutnya kalo pas dapet yang kurang jujur, ntar kita disuruh nanggung baret2 yang bukan kesalahan kita. Abis cek ini itu, serah terima kunci, kita mulai petualangan. Tujuan pertama, Tune Hotel Legian. Yap, judulnya ini liburan murah ya, jadi berharap pada promo-promo aja. Tapi Tune ini kita ga dapet promo yang murah banget, biasa aja, rate kamar 150 ribuan semalam.

Padahal baru pertama ke Bali ya, tapi ayah kekeuh mau setir sendiri, ga pake sopir. Bodohnya, gue malah buka laptop, buka wikimapia buat cari jalan. Pas udah agak nyasar baru kepikiran, kenapa ga pake GPS aja? Hadeeeh... Dari bandara ke Jalan arjuna ini butuh waktu sekitar 20 menit, sebenernya deket bnget ya, tapi ya seperti biasa di jalan pantai kuta macet aja. Sampe Tune, ternyata itu gangnya sempit amat ya, tapi untungnya kita pke mobil kecil jadi ga susah, dan setelah ngomong sama security dikasih tempat parkir, padahal di webnya udah dibilang ya, ga disediakan prkir, tapi kita dapet tempat. Alhamdulillah, ga usah parkir di pinggir pantai...

Sesuai dengan penggambaran di web, kamarnya kwecil, cuma 11meter persegi, tapi emang bersih, dan itu yang paling penting buat gue. Kalo kita niatnya liburan yang santai2 di hotel sih emang harusnya pilih hotel mahal ya, tapi karena kita baru pertama dan niatnya mau jalan-jalan keliling bali, jadi Tune ini sangat amat cukup, kecuali ga ada TVnya.  Abis beres-beres barang mau cari makan takut ntar ga dapet parkir lagi, jadi kita makan mie kangkung di es teler 77 yang ada di dalem Tune Legian ini. Hemaaaat... Sepuluh ribuan aja per porsi. Abis makan dan mandi dan gue lanjutin tugas, waktunya tidur...

Day 2 (16 Januari 2012)
Seperti biasa, gue tetep bangun jam setengah 6 dan tetep lanjutin tugas, dan seperti biasa juga bapak beranak ini bangun siangan. Jam 9 bangun, mandi dan siap-siap. Sesuai itin yang udah gue susun sebelumnya, hari pertama kita ke Tanjung benoa, nyebrang ke Pulau Penyu dan watersport, terus ke nusa dua dan berakhir di Pantai Legian. Terimakasih untuk siapapun yang udah menemukan teknologi bernama GPS, kita jadi bisa kemana-mana tanpa nyasar. Sebelum ke Tanjung Benoa kita makan dulu, agak bingung juga karena tempat makan ga ditulis di itin, jadi karena lewat jalan raya kuta yasud kita belok ke nasi pedes bu andika. Makan berdua abis 30ribuan, kenyang plus perut panas. Sebenernya kata gue ga pedes amat ya, cuma karena itu judulnya sarapan,perut masih kosong, jadi cukup lah buat memanaskan perut.

Lanjooot, sampe Benoa jam 11, alhamdulillah ga ujan, malah panaaaas banget. Sesuai petunjuk, tempat termurah sewa perahu ke Pulau Penyu ada di dalem hotel Grand Mirage, langsung kita ke sana. Tapi, salahnya ayah nanya sama petugas hotel, jadi si petugas cari untung juga, dia bilang 500 ribu, ajegile. Keluarlah kita dri situ, cari di sekitaran, paling murang kasih harga 250ribu untuk 1 perahu. BBM Asti, tanya lagi tentang Grand Mirage, katanya masuk aja, jangan tanya petugas. Tapiiii, kita amat sangat ga pede secara di dalem bule semua ya bok! Berusaha cuek, kita masuk aja, itu private beach nya cakeeep, pasirnya bersih banget! Numpang duduk di kursi2nya, ayah udah was-was kalo kita diusir, tapi karena kata asti cuek aja yaudah gue tebelin muka juga. Ternyata baru sebentar ada satpam yang nyamperin, nanya jadi nyebrang ga? Dia nungguin aja lho di sebelah kita, makin berasa mau diusir! Ayah bilang lagi nego harganya dulu, dan si satpam tetep nungguin di sebelah. Akhirnya dapet juga perahunya dengan harga 200ribu. Ok, brangcut... Dadah pak satpam...

Sebenernya tujuan gue masukin Pulau Penyu ke itin biar Delisha seneng. Gue pikir pulau ini semacam pulau kecil berpasir putih, bisa main air, terus disitu ada tempat penangkaran penyu. Ternyata emang murni tempat penangkaran penyu aja ya, ga ada pantainya, cuma hutan bakau aja. Kita ke Deluang Sari, masuknya bayar 5ribu per orang, terus buat guide yang nemenin kita kasih tips seikhlasnya.Selain ada penyu disini ada burung kakaktua, biawak, ular, terus burung2 apa namanya ga nanya. Eh sebelum sampai Pulau Penyu, di tengah laut kita berhenti buat liat ikan dari bagian bawah kapan glassbottom, terus kasih makan ikan-ikan juga, si bocah seneng... Ternyata lagi, si anak malah takut sama penyunya, cuma liatin aja kalo dideketin ketakutan. Yaaahhh, tujuan utama tidak tercapai.

Abis dari Pulau Penyu ayah main parasailing, sama bli yang bawa perahu itu juga, dapet harga 70ribu. Kayanya seruuu...Tapi pas mau turun gue liat ayah agak kesusahan narik talinya, katanya berat banget. Abis ayah ada juga cewe yang main parasailing ga kuat narik talinya jadi dia jatuh di air. Abis itu ga dibolehin lagi main parasailing, ternyata emang anginnya lagi kenceng banget, pantesan ayah susah narik talinya.

Sebenernya ayah masih pengen nyobain watersport yang lain, tapi sayangnya udah siang dan kita belum sholat. Susah banget ya nyari tempat sholat disini, gue pikir di pom bensin bakal ada, ternyata di jalan udah lewatin 3 pom bensin ga ada yang nyediain mushola. Akhirnya diputuskan di jama' takhir aja. Semoga alasannya bener ya...

Lanjut ke Nusa Dua, karena ga ngerti apa-apa kita malah masuk ke BTDC, dan lagi-lagi ditolak sama satpam karena memasuki wilayah private beachnya hotel. Malu-maluin banget yes! Akhirnya kita masuk ke Kafenya The Grand Bali, harus makan minimal 100ribu buat bisa menikmati pantai disini. Okelah gapapa, kita pesen jus melon, jus semangka, potato chips sama burger demi ayah berenang di pantai nusa dua. Nah, si ayah ngajakin Delisha berenang, dan i anak didudukin aja di pasir. Laluuu, si anak tergulung ombak! Ok lebay, bukan tergulung, tapi beneran Delisha kena ombak seluruh badan sampai kesedak air laut. Langsung aja gue angkat dan mandiin. Bodohnya juga bajunya ketinggalan di mobil, jadilah pake anduk aja.

Abis dari Nusa Dua kita buru-buru balik hotel, ngejar waktu ashar, alhamdulillah masih kekejar. Abis sholat kita ke pantai yang di deket hotel, entah pantai legian atau seminyak itu. Boro-boro sunset, mendungnya tebel bener. tapi ya, pantai kaya ginilah yang disenengin si ayah, yang garis pantainya panjang, dan pasirnya luas.

Perut lapar, mari kita makan. menuju ke Warung Italia. Makan buffetnya macem-macem, udah lupa namanya, yang diinget caneloni sama cumi apa gitu yang ada isiannya, plus fetucinni dan gelatto buat Delisha. Enak, dan harganya lumayan lah. Udah kenyang, kita balik hotel, mandi dan istirahat. Sampai jumpa di Part 2...