Senin, 27 Februari 2012

Jajan-Jajan: Warung Mbah Jingkrak

akhirnya lanjut juga nulis ini setelah sebulan ngendon di draft! Kayanya postingannya bakal sering tentang makanan soalnya gue utang review banyak banget sama si ayah. Mumpung libur kuliah seminggu dan batal ke payakumbuh, jadi manfaatin waktu buat ngeblog ajah.

Udah lama banget sejak posting 100 Tempat Makan Enak di Jakarta, kita pengen banget cobain makan disini, karena penasaran sama pedesnya masakan jawa. Tapi waktu itu kita udah bela-belain jauh-jauh ke Setiabudi ternyata tutup karena abis lebaran. Nah, akhirnya 2 minggu lalu kita jadi juga ke Mbah Jingkrak yang di Panglima Polim. Berbekal GPS yang sekarang jadi andalan kalo mau jalan kemana-mana, kita langsung aja search "mbah jingkrak" di google maps dan langsung ketemu tempatnya. Eh, pake nyasar sekali dink, karena salah 1 belokan.

Karena disini emang spesialis masakan jawa, suasana warungnya (restoran kalo kata gue sih) juga jawa banget. Begitu masuk ada welcome drink gratis yang judulnya jamu penambah nafsu makan. Sebenernya sih ini jamu kunyit asem, segeeerrr. Lalu di sebelah kiri berjejerlah aneka jenis makanan nan menggugah selera yang disajikan di dalam panci blirik, kuali tanah liat, atau cobek tanah liat.Di langit-langitnya digantung jaran kepang (kuda-kudaan dari anyaman bambu) warna-warni di bagian depan, dan payung mini warna-warni dari kertas di bagian belakang. Di bagian belakang ada meja buat naruh dakon (congklak), juga miniatur becak, sepeda, gamelan. Jawa banget!


Ga banyak poto soalnya udah kelaperan plus hemat batere bb

Nah, sekarang ke makanannya nih! Karena kadung penasaran, tanpa babibu gue pesen ayam rambut setan yang jadi andalan disini. Trus, ditambah semangkuk sayur serok. Cukup buat gue. Tapi ternyata, si ayah kalap! Ayah pesen sayur krecek, kikil cabe ijo, cumi pedes, terong, plus sambel iblis. Minumnya sih gue standar aja, es teh manis, kalo ayah pesen es apa namanya ya, lupa! Oh iya, nasinya bisa pilih mau nasi merah atau nasi putih. Kita sih pilih nasi putih biasa aja, 2 plus nambah 1 porsi. Pas disajiin semua makanan di meja, ajegileeee, penuh aja itu meja, udah kaya porsi makan ber 4! (tapi abis juga lho semua makanannya kecuali cabe-cabenya). mari kita review 1 per 1.

Pertama, jelas ayam rambut setan. Jadi ini ayam seperempat ekor yang dibumbu kuning, terus di atasnya ada sambel  cabe merah dan cabe ijo yang diulek kasar,  ditambah kemangi, dan daun bawang.  Penampkannya menggoda banget buat gue yang maniak pedes. Pas dicoba, nendang bok pedesnya! Pas banget buat gue, apalagi ditambah wangi daun kemangi dan daun bawangnya. Hmmm... *ngeces*. Terus yang kedua sayur serok. Kalo di salah satu warung di ciputat sayur kaya gini namanya sayur ndeso.Jadi semacam lodeh, tapi santennya encer bnget, isinya ada daun so (daun melinjo), tempe &daging yang dipotong kecil-kecil, ama irisan cabe rawit merh yang bikin rasanya jadi pedes juga.

Lalu, sekarang ke pesenn ayah. Kikil cabe ijo, yang kata gue lebih tepat disebut cabe ijo kikil, karena cabe ijonya banyak banget! Rasanya? sama, pedes! Kalo sayur kreceknya sama kaya yang ada di gudeg jogja, dengan kuahnya yang berwarna merah, pake kacang tholo (apa ini bahasa endonesanya?) dan  disajiin dengan sebutir telor. Walaupun warnanya merah banget, tapi malah rasanya ga pedes lho.. Kalo terongnya sih standar ya, terong dicabein biasa aja. Terus makanan yang terakhir cumi pedes, pakenya cumi kering, tapi ga terlalu asin sih. Cabenya campur merah ijo, ditumis biasa aja. Rasanya pedes, tapi ga terlalu pedes jug buat gue, standar lah ya. Terus, minuman yang dipesen ayah itu semacam es campur yang isinya cendol, es kelapa muda, pake susu plus gula. Lumayan ya bok, jadi oase di tengah gurun pasir penyegar di tengah-tengah semua makanan yang rasanya pedes.

Overall, makanannya sebenernya biasa aja ya, karena emang konsepnya nyediain masakan rumahan. Tapi, buat gue, cukup bisa mengobati kerinduan akan masakan rumah, apalagi ditambah dengan sensasi pedesnya yang lumayan bikin perut panas dan kekenyangan. Soal harga, yahhh, lumayan lah... kita kemaren  total jendral 130ribuan. Mungkin sebenernya makanannya terjangkau sih harganya, cuma karena kami kalap aja semua-semua dipesen jadi ga wajar untuk porsi 2 orang. *perut kadut*

1 komentar:

anis mengatakan...

sering banget delivery ini ke kantor karena deket en lebih burah lunch box mulai 21-23rb sajah tapi klo dine ini perorang minimal 35-40rb #kodeirit