Rabu, 02 Desember 2009

Kapan Ya Giliran Kami?

Kemaren baru denger kabar beberapa temen udah hamil. Ikut seneng dengernya. Tapi kadang sedih juga kalo keinget, "kapan ya giliran kami?". Alhamdulillah orangtua dan keluarga kami ngerti banget, mereka sama sekali ga pernah nanya-nanya apalagi nyindir-nyindir kenapa belum hamil. Pas gue curhat kalo blom hamil juga, mereka bisa banget nenangin gue.

Paling temen-temen aja yang pada ga bosen-bosennya nanya "Udah isi ya?" Alhamdulillah juga temen2 deket ngerti gimana keadaan gue yang jauh dari suami. Yang ada mereka ngedoain semoga cepet dikasih sama Allah. Makasih teman-teman atas doanya.

Yang bikin jengkel, ada orang-orang yang entah apa maksudnya, mungkin menunjukkan perhatiannya dengan cara yang salah, atau emang usil aja. Pertanyaan "Udah hamil blom?" diucapkan dengan nada yang di telinga gue kedengeran seperti nada ibu-ibu yang cape pulang kerja, di kantor diomelin bos, kena macet di jalan, hak sepatunya patah, trus sampe rumah anaknya masih maen di rumah tetangga dengan muka dekil, trus dia nanya ke anaknya "udah mandi blom?" .Trus dilanjutkan dengan pertanyaan yang lebih ga enak nadanya "Kok blom sih, udah 4 bulan lho!" yang terdengar seperti "Kok blom mandi sih, udah hampir maghrib lho!"

Heyyy, please donk, ini masalah anak, titipan Tuhan. Kok kaya cuma sekedar bikin, hamil, melahirkan, udah deh beres, jadi wanita sempurna.

Gue juga sama kaya wanita-wanita lain, yang berharap sesudah nikah cepet dikaruniai keturunan. Tapi kami kan cuma bisa berusaha dan berdoa, dan selanjutnya adalah hek yang di atas, yang membuat kehidupan, untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk kami memiliki keturunan.

Ga muna lah, pasti gue juga sedih dan bertanya-tanya, kenapa kami belum diberi kepercayaan untuk jadi orangtua. Apa iya usaha dan doa kami kurang maksimal ya? Hmm, kalo usaha mungkin iya sih, kurang, secara gue sm hubby tinggal berjauhan. Kalo doa, mungkin emang berdoanya harus lebih ikhlas, lebih tawakal kali ya. Sempet juga bertanya-tanya, apa ada masalah sama organ reproduksi gue. Pengen ke dokter, tapi kata orang ntar aja kalo udah 1 tahun, kecuali kalo emang ada keluhan aneh-aneh.

Kalo gue lagi sedih gara-gara omongan orang tentang hal ini, rasanya jadi down banget. Saat-saat down gitu maunya dipeluk hubby, tapi apa daya hubbynya jauuhhh. Untungnya my hubby tuh dewasa banget, walaupun gue tau dia juga pasti sedih, tapi dia selalu berusaha jadi kuat biar bisa nenangin gue dan bikin gue lebih kuat.

Jadi inget percakapan gue sama hubby di telepon beberapa saat lalu. Waktu itu kondisinya gue lagi dapet tamu bulanan, padahal berharap banget usahanya berhasil coz hubby sempet pulang pas gue lagi masa subur.
Gue : Ay, aku dapet, blom berhasil lagi. (nahan nangis)
Hubby : yaudah, sabar ya sayang, bulan depan kita usaha lagi. plus doanya ditambah ya.
Gue : Kok ga jadi ya, padahal kemaren sempet ketemu yang masa subur? Apa ada masalah ya sama aku? (makin nahan nangis)
Hubby : Ga boleh gitu sayang, kan namanya juga kita cuma berusaha, yang nentuin kan tetep yang di atas. Mungkin sekarang emang blom tepat waktunya, kita juga nikahnya baru, masih beradaptasi sama hubungan jarak jauh kita. Coba liat keluarga lain yang udah 5 tahun, 10 tahun nikah tapi tetep sabar dan berusaha. Masa kita yang baru beberapa bulan aja kaya gini. Percaya deh, Allah pasti ngasih yang terbaik buat kita, di waktu yang terbaik juga.
Gue : Mewek...
Hubby : Ga boleh nangis, ntar malah berpengaruh ke psikologisnya, ga boleh stress, harus tetep rileks, dinikmati aja semua prosesnya.
Gue : Makin mewek...
Hubby : Tenangin diri ya sayang, banyak-banyak berdoa minta yang terbaik sama Allah.
Gue : Iya (masih sambil mewek)
Hubby : Mau ditutup dulu biar lebih tenang, ntar baru telpon lagi?
Gue : Ga usah (udah lebih tenang)
Hubby : Sabar ya sayang... Sekarang coba tanya sama diri sendiri, sayang udah pengen punya dede?
Gue : Banget.
Hubby : Udah siap emangnya?
Gue : Udah.
Hubby : Udah siap 9 bulan bawa dede'nya kmana-mana? Ga ada aku lho, paling ketemu sama akunya sebulan sekali?
Gue : Siap.
Hubby : Trus ntar kalo perutnya lagi sakit, atau mual-mual, mau minta tolong sama siapa?kan aku ga ada?bisa sendiri?
Gue : Hmmm, bisa.
Hubby : Sekarang aja kalo lagi masuk angin dikit aja suka ngeluh-ngeluh, gimana ntar kalo hamil?
Gue : Hhmmm...
Hubby : Blom lagi kalo dedenya udah lahir, ibu-ibu lainnya itu tinggal serumah sama suaminya, malah banyakan yang serumah sama mertua atau orangtua. Nah, kamu ntar sendirian, ga ada aku, ga ada bapak ibu. udah siap sensirian jagain dede semaleman, terus pagi-pagi buta harus udah bangun siapin keperluan dede, berangkat ke kantor, kerja seharian, trus sampe rumah jagain dede lagi, ngerjain pekerjaan rumah. Siap?
Gue : Hmm... itu kan masih nanti, kalo sekarang ya blom siap lah. Pasti kalo dibayangin susah, tapi kalo dijalanin pasti bisa.
Hubby : Nah, makanya itu, berarti Allah ngasih kesempatan kita buat lebih mempersiapkan diri, jadinya ntar kalo waktunya itu tiba, kita jadi bener-bener siap. Harusnya kita manfaatin kesempatan ini biar kita lebh banyak belajar, biar ntar kita bisa bangga, kita lebih siap daripada calon ayah-bunda lainnya.
Gue : Iya... Maaf ya aku blom bisa kasih dede buat kamu.
Hubby : Gpp sayang, buat aku kamu itu hadiah utama dari Allah, kalo dede itu hadiah bonusnya.
Gue : Mewek lagi. Tapi nangis seneng. Alhamdulillah punya suami yang superduper sabar ngadepin aku yang kaya gini..

OK, mari kita berusaha dan berdoa lebih giat, lebih ikhlas, lebih tawakal lagi sembari mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. Doakan kami ya...

Luv,

Endah

15 komentar:

kiki mengatakan...

Sabar aja sist..klo emang udah waktunya,insya Allah rejeki itu akan dateng..lagian masih itungan bulan kayak skarang ini masih baru banget..ke dokter obgyn skarang juga kecepetan,klo emang udah stahun lebih baru dipertimbangkan lagi,itu juga klo emang mau ke dokter..Iya klo dapet dokter yang enak..klo dapet dokter yang ntar diagnosanya mengada-ada? ampe dikasih obat ini itu yang katanya biar cepet hamil. Sedangkan semua itu udah ada yang maha mengaturnya

Aku jg waktu belum hamil ada aja dapet omongan yang bentuknya macem2..mulai dari yang sifatnya mensupport,ampe yang gak enak dengernya," kok lama banget siy blm hamil juga? si anu,trus si itu aja udah hamil.padahal nikahnya duluan kamu. Jangan-jangan ada apa-apa pula..blablabla.."

Biar gimanapun, yang lebih tau tentang kita itu adalah diri kita sendiri dan yang di atas ya sist..percaya deh,klo emang udah waktunya akan dapet giliran juga..

endahhh mengatakan...

Iyah bener banget. Makasih ya darling...

Nova Lumar mengatakan...

Darling...yg sabar yah, nova bs kok ngerasain perasaan yg sm kya Endah. Tp Endah harus kuat, biarin aja org mau ngomong apa anggap aja mereka tuh kurang kerjaan. Intinya kita dah usaha semaximal mungkin, masalah dikasih atau blmnya kita tinggal nunggu.

Darling...4bln tuh msh baru banget, coba deh lebih mendalami kehidupan bersama hubby insya Allah kita bs melupakan hal-hal kecil yg hanya bs buat kita jd tertekan. Nikmati aja dulu kebersamaan bareng hubby, pacaran yg paling HALAL kan... bulan madu aja trz say...

Awalnya nova jg drop bgt krn sampe skrg blm hamil jg, tp nova nyadar Allah swt tuh punya skenario indah buat hambanya. Mungkin tuhan blm ngasih baby, tp kita dah dikasih rezeki lainnya. Ex. penghasilan yg lebih, bs beli rmh sendiri, mobil sendiri dll bukan milik ortu atau mertua. Mungkin Tuhan ngasih kita kelengkapanx dulu baru dikasih kepercayaan punya baby.

So, Endah sabar yah semua akan Indah tepat pd waktunya. Seperti kata jeng kiki klo mmg udah waktunya, kita pasti dpt giliran itu.

semangat yah say...kita saling mendoakan. AMin

endahhh mengatakan...

Iyahhh, semua akan indah pada waktunya. Smoga kita cepet dapet giliran kasih kabar gembira ke orang yg kita sayangi ya... Amiiin...

Mrs.Olive mengatakan...

huhuhu... kita senasib... sebel bgt klo ada yg nanya2 "udah isi belom?" rasanya pengen jawab "udah nih pake nasi!" apalagi klo ada yg nanya "udah hamil belom? kok lama bgt sih!" rasanya pengen jambak rambut tuh orang... hihihi
sabar ya jeung... kamu ga sendiri kok, masih ada aku dan yg lainnya, kita sama2 berdoa aja ya, dan yg paling penting kita harus percaya bahwa Tuhan itu maha tau dan semua akan indah pada waktunya :)

endahhh mengatakan...

Iya nih,kalo denger orang yang nanyanya kaya menghakimi tuh kesel banget ya. Ga ngerti bgt perasaan kita. Kalo ditanya 'kapan nih?buruan donk!' gw udh punya jawaban andalan 'jgn tanya sm kami donk,tanya aj sm yg diatas'. Dan kbanyakan org2 itu lgsg diem.hehe
Saling mendoakan ya say.. Smoga usaha kita cepet berhasil..

kiki mengatakan...

Masalah kalo dipikirin emang gak ada abisnya ya ibu-ibu skalian.sekedar share nih ya..waktu blm hamil,aku sempet dapet omongan2 yang kayak kubilang di atas itu, trus lg ada omongan yg kurang lebih bunyinya "hati-hati klo terlalu kurus, ntar ngidamnya susah.mabok mlulu." Tapi nyatanya ya..Alhamdulillah aku hamilnya sampe skarang gak gitu. Dalam 17minggu ini, aku 2 kali muntah dah jaraknya berjauhan. Karena keselek obat dan barusan kemarin karena masuk angin

Nah, omongan tu gak stop sampe sblm hamil ibu2..ntar ya klo udah 'isi' ada aja nih omongan "udah skian bulan ya?? kok kecil amat perutnya? gak keliatan.." atau ada juga yang bilang,"udah naek belum siy BBnya? katanya hamil.." atau juga,"kok beratnya gak nambah2 siy?" or "kok dikit banget beratnya nambah?"

Awalnya emang kesel siy..tp capek aja klo pikiran kita tersita sama hal-hal kyk gitu. Jangan sampe deh,sentimen-sentimen kecil kayak gitu, mengalahkan kebahagiaan besar yang sedang kita rasakan ataupun yang akan kita jelang.

Nova Lumar mengatakan...

Kiki...bener tuh say, kyax ada aja yah yg iseng pengen tw ini & itu, serasa gatal aja bibir org2 itu pengen nanya macem2. huhuhu... klo dipikirin bs puyeng deh

apalagi kemaren nova dapat pertanyaan yg bikin sebel luar biasa, "udah nikah kok bb nya blm naik2? makan2 dong, biar bs hamil" weeekkksss... 48kg msh dibilang kurus, serasa pengen nimpuk tuh ibu2 dengan high heels

hehe...ternyata sy ngga sendirian krn ternyata bxk bgt yah org2 iseng kurang kerjaan yg suka nyakitin pasangan muda kya kita2 ini hehe...sy jd curhat niy darling

endahhh mengatakan...

Hihihi... jadi ajang curhatan ibu-ibu muda... Yuk mareee...

d'Happy Couple mengatakan...

kok sama banget sih say,,,
aku kemaren baru hamil setelah 4 bulan nikah..
dari bulan pertama sampe ke 4 itu tiap bulan pas tau-tau mens suka mewek-mewek dan ngerasa ada yang salah nih... sementara temen2 yang nikah nggak jauh hari udah pada hamil...

untung suami nenangin,, persis banget deh kayak yang suami mu lakuin,,, waktu itu suami ku bilang "kalo allah belum ngasih kita sekarang, itu arti nya allah tau kalo kita belum siap,, nanti pas di kasih itu artinya allah tau kita udah siap"

sabar aja ya say,,,
pasti akan ada waktu nya kok
kiss,,kiss dari Aurel

endahhh mengatakan...

Eh,ada bubunnya aurel.. Kalo skarang sih lg dlm tahap menebalkan telinga biar ga denger omongan ga enak orang2.hihihi...
Smoga cepet nyusul bubun biar dapet baby secantik aurel. Amiiin

Ms. Aline mengatakan...

sabarrr ya ...

endahhh mengatakan...

iyahhh... pasti... Salam kenal aline...

window$ mengatakan...

So Sweet banget postingan-nya. Likely *jempol*
Eih, met kenal yaah :)

endahhh mengatakan...

Haihai.. salam kenal windya... Thx jempolnya.. :)